Selamat Hari Ibu (Happy Mother’s Day)


Di Indonesia tanggal 22 Desember  secara Nasional ditetapkan sebagai hari Ibu. Tanggal ini ditetapkan untuk mengajak dan menggugah seluruh warga masyarakat Indonesia untuk merenungkan peran yang begitu besar dari seorang ibu. Tak diragukan lagi peran ibu sangat penting dalam sebuah keluarga sebagai pengasuh, penyeimbang dan pengontrol.

Jiwa ‘Pengasuh’ mendorong seorang ibu secara alami untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya dari kecil hingga dewasa. Ibu tahu apa yang harus ia kerjakan, menyusui dan menyiapkan si buah hati asupan yang bergizi dalam masa pertumbuhannya. Ia rela mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang kasar sekalipun sekedar untuk membuat buah hati nyaman, seperti mengganti popok si kecil yang sering ngompol, memandikan anak dan mencuci pakaian mereka. Agar anak-anak tumbuh menjadi anak yang pintar, ia mendidik mereka dengan kasih sayang. Ia memilihkan pendidikan yang baik dan tepat untuk mereka, agar kelak mereka menjadi orang yang sukses. Ibu mencurahkan segala kasih sanyangnya pada buah hatinya. Suami pun mendapat bagian kasih sayang yang tiada tara.

Naluri ‘penyeimbang’ mendorong seorang ibu untuk memberi yang terbaik untuk anak-anak dan suaminya. Sesibuk-sibuknya ibu, apalagi wanita berkarier, ia pasti memikirkan tugas utamanya sebagai seorang ibu rumah tangga. Menyiapkan makanan, menyiapkan pakaian untuk anak-anak dan suami, menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan isi rumah tangga. Ibu yang berada di desa bahkan harus bekerja bak seorang lelaki, bekerja di sawah dan ladang. Di kota sekalipun, suami yang berpenghasilan pas-pasan mendorong seorang istri untuk mencari biaya tambahan dengan bekerja sebagai pembantu RT, pelayan rumah makan bahkan ada yang menjadi ‘kernek’ (pernah lihat di suatu kota besar. Seorang ibu bergantung di pintu bus kota. Tangannya melambai-lambai, dan teriakkannya pun tak kalah dengan teriakan kernek laki-laki). Seorang ibu yang sudah tak bersuami atau janda bahkan harus bekerja lebih keras untuk menghidupi anak-anaknya.

‘Pengontrol’ mendorong ibu untuk bertindak sebagai pembawa perubahan dalam rumah tangga. Pengontrol dalam hal ini berkaitan dengan ‘penasihat’. Seorang ibu dengan intuisi nya bisa mengontrol tindak tanduk, perilaku dan sikap suami serta anak-anak dalam segala hal. Ia sebagai seorang agent of change, memberi dorongan, motivasi dan memberi buah pikiran yang bisa mengubah perilaku sang suami dan anak-anak.

Tak diragukan lagi bahwa ibu yang baik adalah ibu yang tahu mengatur keuangan rumah tangga, sehingga kadang ibu mendapat predikat sebagai bendahara rumah tangga. Kehidupan rumah tangga akan sejahtera jika ibu tahu menggunakan keuangan, belanja yang penting, mendahulukan kebutuhan dari pada keinginan RT (rumah tangga). Need first and then want (yang ahli sih ngomongnya gitu). Maka celakalah rumah tangga dan orang-orang di dalamnya jika seorang ibu membalikkan keadaan, ia mendahulukan keinginan dari pada kebutuhan. Lebih celaka lagi ternyata pengahasilan suami minus banyak dari total belanja seorang istri (hadew,.nepuk dada dulu sambil berdoa g dapat wanita seperti ini).

Ibu yang baik adalah ibu yang sejujurnya telah menjadi pengasuh, penyeimbang dan pengontrol yang baik.

Oh ya, opini ini opini saya ya, bukan opini ahli dalam dunia per-ibu-an atau ahli psikologis. Saya hanya sekedar membagikan pikiran atau membuahkan pikiran menyambut hari ibu ini. Saya mencoba untuk memaknai hari yang istimewa ini sesuai dengan pengalaman yang sudah saya lalui, lihat dan alami bersama ibu saya dan yang saya lihat juga pada kehidupan ibu-ibu yang lain di tempat lain.

Anyway, Selamat Hari Ibu untuk semua ibu di dunia. Blessed all mothers. Terutama selamat untuk ibu saya Maria Oe Meol. Ia menjadi pribadi yang luar biasa dalam hidup saya.

Image

My mother and I when I was 1 year old 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s