Season’s Greetings & Merry Christmas


‘Time flies fast.’ Waktu berlalu begitu cepat! Satu kalimat yang sering saya temui saat menerjemahkan surat-surat yang dikirim oleh orangtua sponsor untuk anak sponsor.

Memang waktu berlalu begitu cepat. Satu kenyataan yang memang sangat dirasakan oleh kita semua – orang di belahan dunia lain pun merasakannya. Apalagi sekarang sudah berada pada bulan Desember – bulan terakhir dalam tahun. Satu kalimat yang sanggup terucap yaitu Waktu berlalu begitu cepat. Apapun yang terjadi ini adalah kenyataan yang harus dilewati bahwa sekarang sudah bulan Desember 2014. πŸ˜›

Kenyataan lain yang akan selalu dikenang dan menjadi momen yang sangat membahagiakan adalah datangnya hari Natal. Memang tidak semua tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang hari Natal. Tetapi bagi mereka yang hidup dari tradisi Kristiani akan selalu menganggap bulan Desember sebagai bulan Natal – bulan yang penuh dengan kebahagiaan, keceriaan dan sukacita besar karena merupakan bulan kelahiran ‘Sang Juru Selamat’ (Orang Kristen mengimani hal ini).

Sebagai bulan sukacita dan bulan kebahagiaan maka tak jarang pada bulan Desember orang-orang akan mengirimkan atau membagikan sukacita Natal dengan sesama yang lain. Singkatnya orang mengirimkan ucapan Selamat Natal untuk sesama – bukan hanya untuk sesama orang Kristen saja tetapi juga ucapan Natal bisa dibagikan untuk sesama non Kristen. Dan orang Kristen tak mengenal apakah ini halal atau haram mengucapkan Selamat Natal, yang ada bahwa sukacita Natal harus dibagikan dengan sesama umat manusia.

Ada beragam cara untuk mengucapkan Selamat Natal. Dulu waktu masih kecil, sering ucapan Natal diungkapkan dengan mengirimkan kartu Natal yang bisa didapatkan di toko-toko. Dan pada bulan seperti ini, kartu Natal sangat mudah didapat di toko. Seiring dengan perkembangan zaman, kini ucapan Natal lebih sering diucapkan dalam bentuk SMS yang tentunya akan dibuat sekreatif mungkin menggunakan karakter-karakter SMS.

Dalam konteks di Indonesia, ucapan Selamat Natal tentu dikhususkan untuk diucapkan pada mereka yang Kristiani. Dan ini rasanya sah, sebagai orang Kristiani tentunya saya akan merasa sangat senang dan bahagia. Demikian juga kalau ada yang mau membuat ucapan Natal dalam bahasa Inggris. ‘Merry Christmas’ akan terasa sangat menyentuh dan berkesan.

Masih dalam penggunaan bahasa Inggris, kadang ada yang menggunakan kalimat ini ‘Season’s Greetings’. Kok Season’s Greeting ya? Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia paling kurang seperi ini ‘Selamat Musim’ atau ‘Selamat memasuki musim’. Sesuatu yang bernada kurang pas dan kurang berkesan. Mungkin hanya perasaan saya saja, orang lain mungkin merasakannya dengan kesan berbeda.

Akan tetapi sepertinya ada yang mengganjal dengan ucapan Season’s Greetings. Kadang saya bertanya, apakah kita merayakan musim? Musim apa ya? Musim hujan? Atau musim apa yang dimaksud? (asal jangan musim kawin saja! πŸ˜› )

Hari ini saya iseng mencari tahu soal Season’s Greetings. Saya menemukan beberapa sumber yang cukup memuaskan dan bisa dibilang masuk akal.

Ya, ternyata Season’s Greeting untuk konteks mereka yang hidup di negeri Barat, ucapan ini untuk men-generalisir semua orang. Maksudnya ucapan ini tidak ditujukan untuk kaum tertentu (Kristiani), tetapi ucapan ini juga untuk mereka yang non Kristiani. Bahwa di negeri seberang pada bulan seperti ini ternyata ada beberapa perayaan seperti perayaan Natal, Hanaukkah dan Kwaanza. Dan bahwa ternyata perayaan ini juga berkaitan dengan akan datangnya libur musim dingin yang mana semua orang tentu bersuka cita menyambut liburan musim dingin dengan suasana yang berselimutkan salju. πŸ˜›

Konteks negeri barat Season’s Greetings memang betul-betul sebuah ucapan yang ditujukan untuk semua orang ketika maksudnya untuk semua orang yang merayakan beberapa perayaan besar ini. Bahwa ucapan ini juga untuk tidak menyinggung orang dengan latar belakang tradisi tertentu.

Di Indonesia, sejatinya tidak ada perayaan di bulan Desember selain perayaan Natal. Apakah Season’s Greetings maksudnya juga ucapan untuk perayaan menyambut Tahun Baru?

Tetapi saya setuju juga ketika mereka yang berlatar belakang Kristen mau membagikan sukacita Natal. Sebaiknya ucapan Season’s Greetings lebih menjadi pilihan yang tepat ketimbang mengucapkan Selamat Natal atau Merry Christmas.

Akhir kata Merry Christmas, Season’s Greetings! πŸ˜€

Season's Greetings!

Season’s Greetings!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s