Gunung Fatuleu: Sensasi Puncak


P_20180422_154048

Gunung Fatuleu

Fatuleu berasal dari padanan Bahasa Dawan. Fatu = batu dan Leu = Keramat, Sakral, Mistis. Dalam Bahasa Indonesia, Fatuleu artinya Batu Keramat atau Batu Sakral atau Batu Mistis.

P_20180422_154726

Dari namanya sudah bisa diketahui bahwa Fatuleu adalah bongkahan batu besar yag menjulang tinggi sehingga lebih tepat disebut dengan nama Gunung Fatuleu. Gunung ini secara alami terkonstruksi dari batu-batuan yang berukuran besar. Ketinggian gunung ini mencapai 1000mdpl. Dari jarak dekat kita hanya melihat batu-batuan besar yang tersusun rapi hingga puncaknya. Unik sekali.

Dan karena keunikannya ini maka Fatuleu kini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi setiap hari terutama pada akhir pekan. Walau memiliki nama Gunung Keramat, kawasan ini sekarang menjadi tempat wisata andalan di akhir pekan.

Gunung ini memang terlihat memiliki aura mistis, banyak pohon-pohon besar di sekitar gunung. Di samping itu, terdapat goa-goa kecil yang terbentuk alami oleh susunan batu-batu besar. Kerena itu kehati-hatian perlu ditingkatkan saat mengunjung kawasan wisata ini.

Pemerintah Daerah kabupaten Kupang nampak menaruh perhatin serius dan ingin meningkatkan Gunung Fatuleu menjadi objek wisata andalan. Hal ini terlihat dari akses jalan yang sudah beraspal bagus, pintu masuk yang sudah dikelolah dengan baik (karcis dan tempat parkir yang baik), tersedia tempat jajan dan kuliner makanan local, dan yang keren juga terdapat tangga 1000 yang menghantar para pengunjung untuk tracking setidaknya sampai pada area tengah Gunung Fatuleu. Selanjutnya pengunjung bisa melakukan tracking melewati batu-batuan besar dan pohon-pohon rindang menuju puncak.

Area ini tentu sangat pas buat professional climbers, tetapi local guide perlu diikutsertakan.

Gunung Fatuleu terletak di sebelah Timur kabupaten Kupang dengan jarak sekitar 70 km dari kota Kupang, 40 km dari pusat Kabupaten Kupang. Akses ke gunung Fatuleu terbilang cukup mudah karena tidak jauh dari jalan Trans Timor, sekitar 20 km dari Pasar Lili.

So, sempatkan diri untuk menikmati panorama keindahan Gunung Fatuleu dari dekat.

krist20180422_164432P_20180422_164200P_20180422_16414620180422_164956

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s