Merdeka


17 Agustus 2018, Indonesia kembali memperingati hari kemerdekaannya yang ke-73. Seperti usia manusia, tentu bukan usia yang muda untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sudah setengah abad lebih Indonesia merdeka dari penjajah. Sudah 73 tahun Indonesia hidup berdaulat dan mandiri.

Perjuangan bangsa Indonesia tentu belum selesai. Penjajah dari ‘dalam’ masih terus diperangi oleh bangsa ini. Masih banyak ‘musuh dalam selimut‘. Penjajah dari dalam menyerang berbagai bidang kehidupan.

Dalam dunia politik, demokrasi kita masih berjuang melawan isu sara. Kualitas politik dan individu yang berpolitik masih mengedepankan isu sara untuk menjatuhkan lawan. Dalam bidang ekonomi, Indonesia masih berjuang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Masyarakat di desa tentu berjuang untuk mandiri dan membangun kesejahteraannya. Dalam bidang sosial budaya, negara kita tentu terus berjuang untuk tetap menjaga budaya lokal dan terus melestarikannya agar tidak tergerus oleh budaya luar. Bahasa daerah dan adat istiadat terus dilestarikan oleh bangsa ini agar tidak punah. Dan perjuangan negara tentu tidak akan berhasil kalau masyarakatnya tidak ikut membantu memerangi ‘penjahat-penjahat’ dari dalam ini.  

Dan untuk memaknai kemerdekaan Indonesia yang ke-73 ini, maka marilah kita berefleksi arti kata ‘merdeka’. Merdeka itu soal berani bertindak dan meninggalkan zona nyaman dan berani mengambil tantangan. Merdeka itu soal berani menantang diri sendiri untuk belajar hal-hal baru. Merdeka itu soal keyakinan bahwa masa depan hanya akan sukses kalau kita sudah mempersiapkan diri dan membekali diri dengan banyak ilmu dan ketrampilan. Merdeka itu soal membangun kemampuan untuk mendapatkan penghargaan yang lebih pantas. Merdeka itu soal kemampuan untuk membangun semangat agar bermanfaat bagi orang lain.Merdeka itu soal memberi kesempatan bagi orang lain untuk berkembang dan mengembangkan diri. Merdeka itu soal tidak egois dan mengutamakan kepentingan bersama dari pada kepentingan diri sendiri.

Selamat HUT RI yang ke-73. Jayalah Indonesiaku. NKRI harga mati.

IMG_3313[1]

Indonesia Raya – NKRI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s