About Blog


Blog menjadi trend saat ini. Banyak anak muda, mulai dari yang baru belajar menulis (jujur mengacungkan tangan 🙂 ) hingga mereka yang sudah pakar dan terkenal, sebut saja Raditya Dika, menggunakan sarana blog untuk menuangkan ide-idenya. Tak perlu repot mencari penerbit untuk mencetak dan menerbitkan tulisan kita. Apalagi penerbit memiliki kualifikasi yang super macamnya. Sehingga sarana blog ini rasanya lebih praktis untuk mencetak ide kita layaknya penulis kenamaan.

Blog juga disadari menjadi tempat pembelajaran yang luar biasa bagi mereka yang mau belajar menulis, maka tak heran banyak orang yang mau rela duduk berjam-jam, lupa makan, lupa kalau rokonya terbakar habis di asbak, lupa kalau sudah subuh, hanya untuk mengupdate blognya. Setiap orang dengan ide dan kreativitasnya menciptakan blog. Saya sendiri sangat tertarik dengan sarana blog yang mana bisa mencurahkan segala kemampuan berpikir, berperasaan dan atau keduanya dalam bentuk tulisan. Blog ini mungkin tak seberapa, tetapi kiranya bisa menjadi inspirasi.

Orang hebat bukan hanya karena memiliki bakat tetapi karena membiasakan diri dengan sesuatu secara terus-menerus sehingga menjadi hebat dan mahir.

‘Bakat yang manusia miliki hanya 15% selebihnya karena latihan’. Satu kalimat motivasi dari Mas Bong – sapaan manis untuk sang pelatih Paduan Suara Mahasiswa Cantus Firmus (PSM CF) Universitas Sanata Dharma pada suatu waktu. Mungkin kalimat ini juga hasil kutipan, akan tetapi yang dimaksud adalah terus berlatih tanpa henti dalam mengolah vocal.

Terus melatih bakat anda guys :-).

Sadar akan hal ini, maka terciptalah blog ini dengan nama ‘ManaShines’.

Awal mula hanya tertulis Manas, hasil inversi dari nama marga ‘Sanam’. Namun permenungan yang mendalam (hasil ngorok semalaman) menghasilkan padanan kata ‘Manas Shines’. Supaya terlihat khas dan elegan maka tertulislah ‘ManaShines’. Suatu kesengajaan yang bukan tak bermakna, tetapi sebaliknya :-).

ManasShines juga merupakan penggabungan dari dua bahasa yaitu bahasa Dawan (salah satu bahasa asli orang Timor ) dan bahasa Inggris. Manas berasal dari bahasa Dawan yang artinya ‘Matahari’ dan Shines dari bentuk infinitif bahasa Inggris, to shine yang artinya ‘bersinar, bercahaya’. Penggabungan arti dari bentukkan kedua kata ini adalah ‘Matahari Bersinar atau bercahaya’. Tuhan! Jadikan saya matahari yang bersinar menerangi dunia dengan bakat dan kemampuan yang saya miliki.

Kiranya apa yang saya lakukan ini menjadi terang atau cahaya yang membakar, menyemangati dan menginspirasi diri sendiri dulu setelah itu mungkin banyak orang akan diterangi dan terinspirasi untuk memulai dan mengoptimalkan potensi yang mereka miliki.

Blog ini berisi banyak hal, mulai dari cerita pengalaman pribadi yang lazim, opini singkat tentang sesuatu hingga update tentang suatu trend. Intinya blog ini menjadi sarana yang praktis dan nyaman untuk mencurahkan seluruh kemampuan pengetahuan yang dimiliki, ‘sharing ideas about anythings’, taglinenya demikian.

Sebagaimana tertulis bahwa blog ini adalah sarana pembelajaran, maka segala saran, masukkan dan kritikan dari pembaca yang kebetulan mampir akan sangat bermanfaat.

Enjoy reading!!! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s