Tempat Wisata Kelas Dunia di NTT


Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu propinsi yang terletak di zona waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) bersama propinsi NTB, Bali, propinsi-propinsi di Pulau Sulawesi dan sebagian propinsi di Kalimantan – Kal. Utara, Kal. Selatan, Kal. Timur. Tetapi umumnya orang mengenal NTT sebagai bagian dari zona Indonesia Timur. (Dari pengalaman berada di beberapa tempat, ada sebagian orang Indonesia yang tidak mengenal letak wilayah NTT – how come??!!).

Peta Propinsi NTT

Peta Propinsi NTT

NTT adalah propinsi kepulauan yang memiliki kurang lebih 550 pulau akan tetapi terdapat beberapa pulau besar yang menjadi patokan untuk mengenal NTT. Beberapa pulau tersebut terangkum dalam jargon FLOBAMORATA – Flores, Sumba, Timor, Alor dan Lembata. Jargon ini adalah nama lain untuk menyebut nama NTT.

Walau demikian, sama seperti Bali dan Lombok yang lebih dikenal dari pada Indonesia, demikian juga dengan beberapa pulau atau wilayah kecil di NTT yang lebih dikenal bahkan sangat terkenal sampai mancanegara daripada nama propinsi NTT itu sendiri. Daerah atau wilayah atau pulau-pulau ini menjadi terkenal karena tempat wisatanya yang berkelas dunia.

    1. Taman National Komodo (Pulau Komodo)
      Tak diragukan lagi, Pulau Komodo kini menjadi situs warisan dunia UNESCO. Taman National Komodo menjadi satu-satunya tempat habitat Komodo Dragon di dunia dan pulau ini merupakan bagian dari wilayah NTT.
      Pulau Komodo sangat terkenal tetapi sayang, orang Indonesia sendiri terkadang salah mengalamatkan pulau Komodo.
      Pulau Komodo itu adanya di propinsi NTT.

      Komodo di TN Pulau Komodo

      Komodo di TN Pulau Komodo

      Komodo di TN Pulau Komodo

      Si Komo

    2. Labuan Bajo 
      Labuan Bajo adalah ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat – salah satu kabupaten di propinsi NTT yang terletak di ujung Barat pulau Flores. Labuan Bajo kini menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia dan mancanegara karena adanya Pulau Komodo dan karena adanya gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang sangat indah dan eksotis, sebut saja Pulau Padar, Pulau Kanawa, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Gili Lawa. Selain pulau, terdapat pantai-pantai yang sangat indah-gemulai, seperti Pink Beach, pantai Nemo. Dan yang tak kalah eksotis, Labuan Bajo menjadi surga bagi para divers. Di Labuan Bajo juga terdapat Manta point yang sangat disukai oleh mereka yang hobi snorkeling.
      Begitu terkenalnya Labuan Bajo sehingga Arjen Roben dan Opa Valentino Rossi ikutan greget untuk datang menikmati pesona Labuan Bajo dan sekitarnya.
      Labuan Bajo juga masuk dalam list tempat wisata Bali Baru di Indonesia.
    3. Desa Waerebo
      Desa Waerebo merupakan bagian dari kabupaten Manggarai. Desa Waerebo unik dengan adanya 7 buah rumah bulat berujung runcing yang terletak di atas ketinggian kurang lebih 1200mdpl. Letak Desa Waerebo terpisah dari perkampungan padat penduduk sehingga akses ke sana harus berjalan kaki melewati hutan. Orang Waerebo juga dikatakan sebagai keturunan orang Minang – Sumatera Barat. Fakta-fakta unik inilah yang membuat Waerebo selalu masuk dalam list tour atau trip Labuan Bajo – baik turis lokal maupun manca. Kini Desa Waerebo sangat mudah ditemukan di media social instagram dan Facebook.
      Dan lagi-lagi, Labuan Bajo jadi pintu masuk wisatawan menuju Waerebo.

      waerebo2 (2)

      Desa Wearebo

      Waerebo

      Taman di salah satu sudut Desa Waerebo

    4. Danau Kelimutu
      Jauh sebelum Labuan Bajo terkenal, NTT punya Danau Kelimutu yang akrab di telinga wisatawan lokal dan wisman. Danau Kelimutu adalah danau 3 warna (biru-merah-hijau) hasil letusan gunung berapi ratusan tahun yang lalu. Danau 3 warna ini secara alamiah berubah-ubah yang menjadikannya sebagai salah satu keajaiban dunia. Karena itu, wisatawan berbondong-bondong selalu ingin mengunjungi Taman National Kelimutu.
      Secara scientific Danau Kelimutu dikatakan berubah-ubah warna karena pengaruh element oksidasi dari lumpur yang terdapat dalam danau. Walau demikian terdapat cerita mitos dari masyarakat setempat mengenai 3 warna Danau Kelimutu sehingga masing-masing danau diberi nama dengan sebutan Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua), Tiwu Ko’o Fai Nuwa Muri (Danau nama sepasang orang muda – laki-laki dan perempuan) dan Tiwu Ata Polo (Peyihir/orang jahat). Oleh masyarakat sekitar, Danau Kelimutu juga dipercayai sebagai tempat yang sakral, tempat beristirahatnya leluhur mereka. Tiwu Ata Mbupu, tempat beristirahatnya arwah para orangtua. Tiwu Ko’o Fai Nuwa Muri, tempat beristirahatnya orang muda dan Tiwo Ata Polo, tempat beristirahatnya orang-orang jahat.
      Danau Kelimutu terletak di Kabupaten Ende – Flores – NTT. Pintu masuk menuju Danau Kelimutu bisa melalui kota Ende atau kota Maumere.

      Kelimutu

      Sunrise di puncak Danau Kelimutu

      kelimutu 4

      Salah satu kawah Danau Kelimutu

      kelimutu 2

      2 kawah Danau Kelimutu

    5. Pantai Nembrala – Rote
      Rote – pulau ter-Selatan Indonesia dan menjadi bagian dari NTT. Tidak hanya terkenal dengan alat musik Sasando, kain tenunnya yang unik dan surga gula aren, tetapi di sana ada Pantai Nembrala. Wisman banyak berkunjung ke Nembrala untuk berselancar dan menikmati pemandangan pantainya yang tenang dan jauh dari keramaian kota.  Ber-sunset di Nembrala adalah pengalaman yang sangat mendamaikan hati. Saat matahari terbenam, anda akan sadar bahwa ‘akhir’ bukanlah akhir dari segalanya sebaliknya akhir adalah semangat baru untuk menyongsong hari esok. Sunset di Nembrala adalah salah satu spot sunset terbaik.
      Di Nembrala sudah terdapat banyak penginapan yang eksotis yang mengadopsi budaya setempat. Ada perpaduan Antara kemewahan dan kekayaan budaya lokal.
      Masih di pulau Rote, selain Nembrala terdapat beberapa Pantai yang tak kalah eksotis dan berciri khas. Pantai P – pantai yang berpasir putih ceria dan mengkilau. Pantai Oesasole memiliki pasir kuning berbiji besar dan ada pantai Inaoe yang letaknya diapiti karang-karang terjal.

      IMG_8048

      Pantai Nembrala

      IMG_8196

      Sunset di Pantai Nembrala

      IMG_8345

      Pantai P: Pasirnya putih mengkilau

      DSC_3095

      Pasir pantai Oesasole

    6. Nihiwatu dan Sumba Island
      Nihiwatu masuk dalam list 100 hotel terbaik dunia versi majalah Travel and Leisure (no. 9 dari 100 di bulan November 2018).
      Nihiwatu menawarkan konsep eco wisata kembali ke alam dengan view pantai dan alam terbuka. Keunikan Nihiwatu juga ada pada gaya arsitek bangunan yang mengadopsi rumah adat Sumba yang mana atap rumahnya menjulang tinggi. Kemewahaan dipadu dengan khasanah budaya lokal yang menjadikan Nihiwatu sebagai tempat relaksasi bagi para petualang lokal dan mancanegara.
      Tak hanya di Nihiwatu yang dikenal wisatawan, Sumba sendiri kini masuk dalam list para travelling. Kekayaan budaya dan pesona alam Sumba yang menjadi daya tarik wisatawan. Budaya Sumba masih kental dan terawat dengan baik. Hal ini nampak dalam kain tenunnya dan menjadi salah satu yang terbaik. Bangunan rumah adat Sumba pun unik karena memiliki atap yang menjulang tinggi. Nihiwatu mengadopsi gaya bangunan ini.
      Di Sumba juga masih terdapat makam Megalitik, bangunan makan besar yang terbuat dari batu. Terdapat beberapa desa adat yang bisa dikunjungi untuk mengenal budaya Sumba seperti Desa Prai Ijing, Kampung Tarung dan Desa Ratenggaro.
      Festival Pasola adalah festival budaya yang sangat terkenal di Sumba dan biasanya diadakan antara bulan Februari atau Maret. Pasola adalah pertarungan lempar lembing sambil menunggang kuda. Si penunggang kuda akan sangat bangga jika lembing yang dilempar bisa mengenai lawannya atau bahkan bisa menjatuhkan lawannya dari atas kuda. Ini adalah festival budaya sehingga pakaian yang dikenakan hanyalah pakaian adat.
      Alam Sumba juga khas dengan padang Savanah nya. Salah satu yang terkenal adalah Bukit Wairinding. Danau Wekuri, Sungai Waekelo Sawah, pantai Walakiri dengan dancing mangrove nya dan pantai Bawana masuk dalam a-must-list touring Sumba.

      nihiwatu

      Nihiwatu Resort

      SAMSUNG CAMERA PICTURES

      Bukit Wairinding

      pasola

      Atraksi Pasola

Demikian beberapa list tempat wisata di NTT yang berkelas dunia versi ManaShines. NTT tentu bukan hanya tempat-tempat ini akan tetapi perlu diakui bahwa tempat-tempat wisata inilah yang mendapat pengakuan luas dari warga travelers lokal dan mancanegara sebagai tempat yang indah – tentu sebagai tempat eksotis yang dimiliki NTT. Keindahan alam dan kekayaan budaya lokal adalah daya tarik yang dimiliki tempat-tempat wisata ini.

Semoga wilayah lain di NTT semakin berbenah dalam meningkatkan pariwisatanya dan ekonomi masyarakat bisa tumbuh dari pariwisata.

#exotic_NTT #lombablog_exoticNTT #destinasiwisata_NTT

 

Tinggalkan komentar